Kota Bandung memang tidak dapat dipisahkan dari julukan kota wisata. Berbagai macam tempat wisata dapat ditemui di ibukota Jawa Barat ini. Meskipun Bandung tidak memiliki sungai besar seperti sungai Barito di Kalimantan, di Bandung kita dapat merasakan sensasi wisata seperti pasar terapung Muara Kuin di Kalimatan, atau pasar terapung Damnoen Saduak di Ratchaburi, Thailand. Tepatnya adalah Floating Market Lembang, yang terletak di daerah Bandung Barat, tepatnya di Jalan Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Terinspirasi dari dua pasar terapung diatas, Floating Market Lembang ini berdiri diatas danau alami bernama Situ Umar. Tempat wisata ini dibuka sejak 12 Desember 2012. Di Floating Market Lembang kita dapat menemukan beraneka macam jajanan kuliner yang dijual dari 46 perahu yang terapung di danau yang cukup besar. Seperti tempe mendoan, jagung bakar, colenak, ketan bakar, duren bakar, dan masih banyak lagi.

Namun perahu yang menjual aneka hidangan kuliner disini sedikit berbeda dengan pasar terapung yang terdapat di Muara Kuin, Kalimantan. Perahu pedagang disini diparkir serapih mungkin sehingga para pengunjunglah yang hilir mudik menghampiri perahu ini.

Di sekeliling danau ditempatkan beberapa joglo dan gazebo kecil untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar. Di salah satu sudutnya terdapat Kampung Leuit yang memiliki leuit-leuit tempat beristirahat ditemani miniatur sawah sehingga membawa pengunjung seolah berada di area sawah sesungguhnya.

Melani, marketing communication Floating Market Lembang mengatakan jika tempat ini dihadirkan sebagai alternatif pariwisata di Jawa Barat. “Kita ingin membuat tempat rekreasi dan kuliner, sehingga jika orang ke Lembang mau mencari makan, akan mengarahkannya ke Floating Market Lembang, jadi selain makan, anak-anaknya bisa sambil rekreasi juga”.

Selain menikmati jajanan kuliner yang dijual diatas perahu, para pengunjung di Floating Market Lembang dapat berkeliling danau dengan menyewa perahu kano, paddle boat, sampan, dan sepeda air. Di Floating Market Lembang juga terdapat permainan adventure, seperti Flying Fox dan ATV. Disamping itu, pengunjung kategori anak-anak juga dapat merasakan pengalaman memberi makan kelinci, dan bebek. Ada juga kebun strawberry dan sayuran organik yang dapat dipanen oleh pengunjung. Beberapa meter disamping pasar terapung, dapat ditemui juga beberapa restoran dan factory outlet.

Untuk masuk ke Floating Market Lembang, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 10.000/orang. Biaya ini sudah termasuk welcome drink. Untuk berkeliling danau menggunakan wahana air, harganya berkisar dari Rp 30.000 – Rp 70.000. Harga makanan yang dijual di perahu terapung juga beragam, dimulai dari Rp 10.000 anda sudah dapat menikmati sajian kuliner tradisional. Dan uniknya, segala bentuk transaksi di Floating Market Lembang ini dilakukan dengan menggunakan koin khusus yang ditukarkan di tempat yang telah disediakan. (IN)

Tags : Kuliner, Makanan, Bandung, Bandungreview, Liburan, BRDC, Thailand, Rekreasi, Jawa Barat, Ketan Bakar, Gazebo, Jagung Bakar, Minuman, Flying Fox, Duren Bakar, Joglo, ATV, Colenak, Floating Market Lembang, Floating Market Lembang: Pasar Terapung a la Bandung, Floating Market Lembang: Family Destination for Vacation in Bandung, Grand Hotel Lembang, Kalimantan, Kampung Leuit, Pasar Terapung, Ratchaburi, Sungai Barito, Tempe Mendoan, pasar terapung Muara Kuin, pasar terapung Damnoen Saduak
  • ratih.afriany Ditulis pada : 04 July 13 11:38:41
    pas banget nih buat refreshing, kuliner dgn suasana yg baru. :D
  • ratih.afriany Ditulis pada : 04 July 13 11:38:19
    pas banget nih buat refreshing, kuliner dgn suasana yg baru. :D
  • ysfunch Ditulis pada : 02 July 13 14:16:51
    wah lumayan nih referensi tempat baru buat jalan2 bareng keluarga sambil jajan-jajan seru :D

    SOCIAL MENU
    SEARCH
HOT PICK
    • Harris Hotel
      4 Star Hotel
      Alamat : Jl. Peta No. 241
      Telepon : (022)6128600