Museum Geologi Bandung mungkin bisa menjadi museum yang paling beruntung di Bandung. Lokasinya yang berdekatan dengan Gedung sate yang terkenal dan didukung dengan gaya art deco yang khas membuat tempat ini tidak mungkin terlewatkan bagi Anda semua. Museum ini menjadi museum terbesar di Bandung yang memamerkan ribuan fosil-fosil purba dari Indonesia.

Sambutan hangat dari penjaga museum menandakan dimulainya perjalanan anda mengeksplorasi benda-benda dari inti Bumi. Gedung yang berlantai dua ini memiliki 3 area utama: ruang tengah, sayap timur, dan sayap barat. Di ruang tengah anda bisa melihat peta geologi Indonesia dalam bentuk relief. Anda juga bisa menemukan pusat informasi dan ruang edukasi di daerah ini. Beralih ke ruangan di sayap timur anda akan menemukan barisan fosil-fosil mammoth dan juga manusia purba (Neanderthal). Di daerah ini pula anda akan terkagum-kagum melihat replika fosil dari predator zaman purba, Tyrannosaurus Rex. Jika anda ingin melihat hasil tambang dari Indonesia anda bisa pergi ke daerah di sayap barat museum geologi. Anda akan tercengang melihat koleksi dari batu-batu mineral yang berkilau.

Naik ke lantai 2, Anda bisa menemukan ruang auditorium. Di jam-jam tertentu petugas museum akan mengumumkan pertunjukan yang berjudul The Bandungs Geological Evolution. Film animasi dokumenter ini mengisahkan tentang Kota Bandung yang dulunya masih berupa danau yang akhirnya berubah menjadi daratan setelah adanya retakan di dasar danau. Selain itu, Anda bisa melihat model-model dari hasil tambang Indonesia dan negara-negara lain. 

Dengan mendatangi Museum Geologi di Bandung, anda akan menyadari betapa kayanya negara kita akan sumber daya alamnya. Benar-benar seperti mengalami sendiri dan masuk ke dalam cerita film Hollywood Journey to The Center of The Earth, celoteh seorang pengunjung yang terkagum-kagum setelah mengunjungi museum ini. 

Menakjubkan, bukan? Nah, siap untuk berpetualang ke isi bumi Indonesia? 
(BRDC)

Tags : Bandung Review,
Belum ada komentar, mau menjadi yang pertama? Silahkan isi komentar Anda.
    SOCIAL MENU
    SEARCH
HOT PICK
    • Harris Hotel
      4 Star Hotel
      Alamat : Jl. Peta No. 241
      Telepon : (022)6128600