Okaerinasai goshujin-sama! (Selamat datang, Tuan dan Nyonya!)”, seru seorang gadis berpakaian bak pelayan dengan pose yang unik, di tengah kilatan cahaya lampu kamera. Itulah salah satu pemandangan yang akan Anda temukan bila datang ke sebuah acara cosplay. Cosplay adalah seni untuk menampilkan sebuah karakter fiksi, terinspirasi dari kartun Jepang (anime), komik Jepang (manga), atau permainan (game). Seorang cosplayer (orang yang melakukan cosplay) akan memakai kostum dan aksesoris yang dikenakan oleh karakter tersebut. Bandung sendiri terkenal sebagai kota di Indonesia yang memiliki cosplayer dalam jumlah yang cukup banyak. Tak heran apabila event cosplay banyak digelar setiap bulannya, dan selalu menarik banyak pengunjung maupun cosplayer yang berpartisipasi dalam acara.

Bandung Review pun meluncur ke sebuah toko di bilangan Jl. Cihampelas, yang terkenal sebagai penyedia kostum dan perlengkapan cosplay yang lengkap di Bandung. Toko ini bernama Ohayou Shop dan kami pun bertemu Ibu Maya, pemilik toko ini. Ia bercerita bahwa kegiatan cosplay di Bandung ini menjadi tren sejak tahun 2005. Kala itu, beberapa cosplayer membentuk sebuah grup khusus cosplay bernama Cosplay Bandung. Kami juga mendapat penjelasan dari Ibu Maya bahwa pembuatan kostum cosplay yang biasanya memakan waktu hingga lebih dari satu bulan tersebut dilakukan sendiri oleh para cosplayer. “Tapi, jangan khawatir untuk mereka yang tidak bisa membuat kostum, mereka biasaya membeli di toko ini”, ujarnya.

Di Ohayou Shop, kami pun menemukan sesuatu yang tidak biasa. Ada sebuah baju yang didesain dengan gaya Harajuku ala Jepang, namun dibuat dari bahan batik. Ternyata ini adalah salah satu produk dari batikjuku, kreasi dari Ibu Maya juga. Sebagai dalang dari batikjuku, Ibu Maya mengungkapkan bahwa ia ingin para cosplayer untuk menghargai batik sebagai warisan nenek moyang Indonesia, seperti halnya mereka mengangumi gaya Harajuku asal Jepang. Dengan kombinasi ini, identitas bangsa Indonesia pun tak luntur saat mereka bercosplay-ria.

Tertarik mencoba hobi unik ini? Pilih karakter favorit dan siapkan gaya cosplay andalan Anda! (IF)

Tags : Bandung Review,
Belum ada komentar, mau menjadi yang pertama? Silahkan isi komentar Anda.
    SOCIAL MENU
    SEARCH
HOT PICK