Beberapa hari ke depan umat Muslim akan menghadapi bulan suci, bulan Ramadhan. Satu bulan lamanya nanti kita akan menjalani kewajiban berpuasa, sebelum merayakan hari kemenangan di hari Idul Fitri atau Lebaran. Puasa ini ibarat menghadapi peperangan. Supaya bisa jadi pemenang, maka harus disiapkan amunisi yang mumpuni, seperti lima sekawan ini.

1. Lumbung pengisi perut
Bangun sangat pagi (biasanya sebelum jam 4 pagi) untuk menyiapkan dan menyantap sahur, menjadi rutinitas baru bagi kita di bulan puasa. Agar tidak repot, lengkapi kulkas Anda dengan bahan makanan yang mudah dimasak atau siap saji. Anda yang malas memasak di pagi hari, dapat menyiapkannya sejak malam sebelumnya dan tinggal menghangatkan saat sahur tiba. Siapkan juga sirup, kue, kurma, dan makanan manis lainnya untuk menu buka puasa Anda.

2. Atur waktu tidur
Bangun sangat pagi untuk sahur seringkali membuat kita memotong jam tidur. Efeknya, sepanjang hari kita jadi mengantuk dan tak henti menguap. Supaya jam tidur tidak terganggu, tidurlah lebih awal dan tak ada salahnya Anda manfaatkan waktu luang untuk memejamkan mata sejenak.

3. Doping doping
Puasa akan mengubah pola kegiatan kita, mulai dari jam tidur, waktu makan, hingga pembagian energi saat beraktivitas. Kalau tidak ada pendukungnya, bisa-bisa badan pun ambruk. Siapkan “prajurit ekstra” untuk menjaga stamina, berupa suplemen,  seperti vitamin, susu,  madu, dan buah-buahan segar.

4. Belanja belanji
Di Indonesia, menyambut Lebaran berarti belanja pakaian dan perlengkapan ibadah baru. Alihkan uang makan siang Anda untuk dana belanja dan pasang telinga untuk info diskon menjelang Lebaran, yang biasanya diadakan besar-besaran. Namun, jangan lupa sisihkan untuk dana darurat dan kewajiban zakat.

5. Gaul sana sini
Ramadhan adalah saat yang tepat mempererat silaturahmi. Adakan acara buka puasa bersama dengan teman ataupun keluarga, dan gunakan fasilitas media sosial internet seperti Facebook dan Twitter untuk menghubungi mereka. Anda dapat pula membuat undangan khusus, seperti buka puasa sekaligus reuni sekolah atau kuliah.

Siap sambut bulan suci Ramadhan, dan semoga kemenangan ada di tangan Anda! (RA)

Tags : Bandung Review,
Belum ada komentar, mau menjadi yang pertama? Silahkan isi komentar Anda.
    SOCIAL MENU
    SEARCH
HOT PICK