Bandung tercinta ini merupakan salah satu kota yang dianugerahi oleh angkutan umum yang lebih dikenal dengan julukan “angkot”. Bagi para penduduk kota kembang ini, angkot merupakan salah satu alat transportasi utama dengan segala akses dan kemudahannya. Ingin lebih mengetahui cara-cara menyenangkan menikmati perjalanan dengan angkot? Yuk, kita intip tips-tips seru berikut ini.

- Kiri, depan!
Katakan “KIRI” sekeras mungkin saat mencapai tempat yang kamu tuju. Terkadang memang terdapat tombol di langit-langit sang angkot sebagai bell untuk berhenti, tapi kami anjurkan jangan berharap lebih pada fasilitas tersebut, karena kebanyakan dari tombol-tombol itu tidak berfungsi.

- Mohon uang pas!
Saat kamu memberikan uang berlebih terhadap sang pak supir, sering sekali uang kembali yang ia berikan kurang dari yang seharusnya dan akan pergi meninggalkanmu begitu saja. Bisa saja urusan bayar membayar itu berujung dengan adu mulut dengan pak supir. Jadi, untuk menghindari kekecewaan dari dua belah pihak, lebih baik kamu memberikan uang pas untuk membayar angkot.

- Dilarang bawa yang jumbo!

Ciri khas dari para angkot ini adalah aturan 7-5 (7 orang di sisi kanan dan 5 orang di kiri). Meskipun memang angka 7-5 tersebut mengabaikan kenyamanan penumpang, pak supir biasanya akan tetap memaksakan para penumpang untuk menaiki angkot hingga mencapai jumlah 7-5 tersebut. Dan, jika kamu membawa tas super jumbo bersamamu, jangan heran tahu-tahu 11 pasang mata akan memandang tajam ke arahmu.

- Geser dong!

Setiap ada penumpang yang menaiki angkot, biasanya kamu akan diminta untuk bergeser dan membuat ruang bagi sang pendatang baru tersebut – walaupun kita merasa tidak ada lagi tempat yang tersisa. Tetapi biasanya terdapat satu penumpang yang duduk di area depan, dengan bangku yang hanya cukup untuk satu orang – yang biasanya kami sebut dengan bangku artis atau bangku ulang tahun – dan pastinya kamu tidak tertarik untuk berada di kursi itu kan?

- Jangan pakai rok mini!
Untuk dapat keluar masuk ruangan sempit sang angkot dengan 12 penumpang di dalamnya saja sudah terasa sangat sulit, ditambah lagi mencari posisi yang nyaman, tepat dan tentu saja tidak membuat mata-mata tersebut tertuju ke arahmu. Maka dari itu, saran kami, teteh-teteh nu gareulis, jangan sekali-sekali menggunakan rok mini di angkot, dan bagi para akang-akang, jangan pake rok juga yaaa.. :)

Saran kami, siapkan jantung yang kuat dan hati yang sabar untuk bisa menikmati perjalanan di Bandung bersama angkot-angkot tercinta. Dengan segala suka dukanya, angkot memang yang buat Bandung ini makin berwarna. (CS)

Tags : Bandung Review,
  • smokers Ditulis pada : 14 March 11 14:04:39
    Bener pisan kang, loba nu geulis di angkot2 bandung mah :D
  • sayabukanadit Ditulis pada : 14 March 11 13:34:53
    di angkot loba nu geulis..pengalaman nganter nyeck nyobe ke setbud..dia ga mau naek taksi atow dibonceng make motor..dia keukeuh make angkot..alasannya 1, di angkot loba nu geulis..dan eta bener pisan..(walowpun loba nini-nini ge -_-!)
  • Miminn Ditulis pada : 22 December 10 08:41:11
    @boybng bener banget ! apalagi klo udah nyasar naek kendaraan pribadi. Jalan satu2nya ya ngikutin jalur angkot .. :D
  • BoyBnG Ditulis pada : 21 December 10 13:32:34
    Klo qta jadi pelanggan angkot yang setia, biasanya qta jadi hafal jalan sesuai rute angkot, trus kalo qta pake kendaraan sendiri, tetep aza maunya ngikutin rute angkot, coz klo sudah lain rute bisa nyasar entah kemana....Hehe... (pengalaman pribadi)
  • diiinniii Ditulis pada : 15 November 10 16:12:16
    kalo nggak lagi buru2 sih seneng banget naek angkot..apalagi kalau perjalanannya menuju ke rumah. bisa puas tidur dulu.. ya ngetemnya ya macetnya :Dtapi kalau lagi buru2 mending jgn pake angkot.. bisa darah tinggi!!
  • tutisardjto Ditulis pada : 24 October 10 16:43:15
    Sebetulnya malas sekali naik angkot ,apalagi kalau angkotnya tiba2 ngebut wah sudah deg2 plas saja ni jantung.Tapi gimana lagi ya aktivitas di luar sana tetep harus di ikuti jadi ya terpaksalah naik angkot ke mana2.Setuju dg penulis ,kita harus sedia uang pas....
  • g0osfraba Ditulis pada : 22 October 10 12:58:13
    Pusing naek angkot di bandung ! muter2 ..

    SOCIAL MENU
    SEARCH
HOT PICK
    • Harris Hotel
      4 Star Hotel
      Alamat : Jl. Peta No. 241
      Telepon : (022)6128600