Kota kembang penuh nostalgia, itulah Bandung beserta segala unsur pendukungnya yang sangat indah. Banyak sekali kegiatan masa lalu yang masih bertahan tetapi banyak juga yang telah raib ditelan perkembangan dunia yang sangat pesat. Banyak yang terkenang, namun banyak juga yang terlupakan. Tim romansa penuh haru ala bandungreview.com kali ini akan mengajak kamu untuk membuka lembaran-lembaran lama yang tersimpan tapi nyaris terhapuskan. Siapkan ingatan terdalammu untuk menyimak kenangan-kenangan manis di bawah ini, pembaca!

Pasar Malam Jaarbeurs
Jika di masa sekarang, kamu biasa mengenal Braga Festival, Cikapundung Festival dan banyak acara menarik lainnya, coba tanya kakek-nenekmu tercinta deh, mungkin mereka masih terkenang akan sebuah acara besar-besaran tahunan Bandung yang hip banget pada era tahun 1930an. Apakah itu? Pasar Malam Jaarbeurs jawabannya. Acara yang diadakan setiap bulan Juni - Juli di kompleks perumahan di Jalan Aceh. Ada apa sajakah di bursa tahunan itu? Mulai dari tontonan musik hingga sandiwara ada di Pasar Malam yang selalu dinanti-nanti oleh seantero warga kota ini. Nggak cuma warga Bandung aja lho, bahkan Pasar Malam ini terkenal hingga ke luar pulau. Hmm.. jadi penasaran ya, andai ada acara Pasar Malam Jaarbeurs di masa modern seperti ini.

Pacuan Kuda di Tegalega
Pacuan kuda terbilang sangat jarang terdengar di kota Bandung kini, tapi beda banget sama jaman dulu. Dahulu, pacuan kuda sangat populer dan menjadi salah satu objek wisata favorit Bandung pada bulan Agustus, berlangsung pada tahun 1930an. Seantero warga Bandung pun memenuhi wilayah pacuan kuda ini yang diadakan di Tegalega. Dan kocaknya, para wanita pun berlomba-lomba untuk mempercantik diri dengan segala aksesorisnya. Hingga detik ini, sang pacuan kuda pun tak ada jejaknya sama sekali, hanya seutas kenangan tersirat dan tersurat lah yang mendominasi ingatan kota Bandung ini.

Bioskop – bioskop Yang Terlupakan
Seonggok bangunan yang dulu sangat berjubel oleh penonton yang memadati ruangan, kemudian menghilang, tergeser oleh perkembangan kota modern dan juga dialihfungsikan karena kalah tenar dengan bioskop masa kini. Itulah bioskop-bioskop Bandung yang nyaris terlupakan. Dari bioskop kelas atas di sepanjang Alun-alun Kota Bandung – mulai dari Elita, Aneka, Nusantara dan Dian – hingga bioskop-bioskop ternama di Jalan Braga – seperti Majestic, Braga Sky, Presiden dan Pop – tak satupun dari bangunan ini yang berkembang, bahkan Cuma tersisa bioskop Dian (sekarang menjadi lapangan futsal) dan Majestic (yang berubah menjadi New Majestic) yang masih bertahan. Padahal pada masanya, salah satu dari bioskop-bioskop tempo dulu ini merupakan yang terbaik pada eranya lho!

Kenangan penuh kenangan, satu persatu terlewati, menunjukkan bahwa Bandung memiliki cerita tersembunyi di balik segala kepadatan yang tercipta setiap minggunya. Semoga kenangan dan cerita masa lalu ini senantiasa menjadi cermin untuk masa yang akan datang. Terbitkan kembali senyum di Bandung milik kita tercinta seperti dahulu kala yuk! (CS)

Tags : Kenangan Yang Hilang di Kota Kembang, Wisata Sejarah
Belum ada komentar, mau menjadi yang pertama? Silahkan isi komentar Anda.
    SOCIAL MENU
    SEARCH
HOT PICK